Olahraga Dikala Hamil: Yoga

Hai teman-teman, tanpa banyak basa-basi.. Kali ini gue mau sedikit sharing tentang apa aja olahraga yang gue lakukan selama gue hamil.

Sebelumnya, tulisan ini gue buat cukup recent. Saat ini usia kehamilan gue 33 minggu 2 hari, gampangnya 8 menuju 9 bulan yah (OMG TIME FLIES!!1!!!!1!).

Okeh. Jujur aja, karena gue gamau gitu banyak pusing pas hamil ini, gue pun tadinya ga banyak cari tau apa aja sih yang harus gue lakukan selama hamil. Yaa, gue berpikir cukuplah pengetahuan dasar gue semasa kuliah dulu.. Yang penting sehat, aman, nyaman, dan waras. Hal tersebut sedikit berubah saat seorang teman gue bilang kalo dia lumayan rajin senam/yoga saat dia hamil, meskipun cuma di rumah. Hal ini dia lakukan karena badan dia pegel-pegel katanya kalo ga senam, sehingga sejelek-jeleknya dia berusaha senam sendiri di rumah modal nonton youtube.

Dokter kebidanan gue pun (dr. Benny Johan Sp.OG, lupa mulu mau bikin dedicated post ngebahas dia deh huhu sorry gaezz) lumayan berkali-kali ngingetin gue untuk olahraga. Dia bilang, gue harus mulai aktif sejak usia kehamilan muda, paling ngga jalan pagi setiap hari dan berenang. Dia juga menyarankan yoga mulai usia kehamilan 20 minggu, dan senam hamil mulai usia kehamilan 30 minggu.

Disini gue kayanya ngga bakal banyak bahas tentang teori dan manfaat umum masing-masing aktivitas yang gue jalanin, karena udah banyak juga yaa dimana-mana kalian bisa baca. Gue akan lebih membahas tentang review gue secara pribadi dan apa yang gue rasakan, pros-cons, serta harga dan lain-lainnya aja kali ya.

Prenatal Yoga

Yang pertama, adalah prenatal yoga. Kayanya cukup banyak sanggar dan studio yang menyediakan kelas yoga khusus ibu hamil. Beberapa yang gue tau diantaranya ada Nujuh Bulan Studio, Sana Studio, Union Yoga, dan yang udah gue coba sendiri, adalah kelas yoga di Pro V Clinic.

Gue mengikuti saran dokter untuk baru yoga setelah usia kehamilan 20 minggu. Gue nemu si Pro V Clinic ini kayaknya ga sengaja, search-search aja iseng hashtag #prenatalyogajakarta dan sejenisnya. Sebenernya beberapa temen gue yang hamil barengan ada yang ngajak yoga juga di beberapa tempat lain, kayak Union dan Sana, tapi karena mereka bisanya hari Sabtu gue jadi males hahaha. Gue malah ngincer kelas yang weekdays, untuk mengisi kekosongan saat Iki lagi ngantor dan ga ada jadwal kerjaan daripada ngga produktif.

Oh, dan si Pro V Clinic ini deket BANGET dari rumah gue. YAY.

Little did I know, ternyata si Pro V ini adalah sarangnya doula-doula terkenal dan langganan artis, seperti bidan Mila dan bidan Ochan. Googling aja deh, mereka berdua banyak di berbagai media kok berita/cerita-ceritanya. Pro V Clinic ini juga diampu oleh seorang praktisi hypnobirth yang mungkin bagi mamak-mamak milenial juga namanya udah ga asing lagi, yaitu ibu Lanny. Akhirnya gue mencobalah yoga disana.

Gue bukan orang yang sama sekali asing sama olahraga yoga. Dulu waktu di Jogja, gue pernah diajak temen gue Risa untuk ikut kelas yoga juga. Emang sih ini olahraga ga gitu cocok sama profile gue yang emang udah kebiasa olahraga permainan kayak futsal. Buat gue daripada harus yoga 10 menit mending gue disuruh main futsal 5 babak. CAPEK BANGET NYET. Tapi prenatal yoga sih beda ya, karena dari nama yang mereka usung juga udah prenatal GENTLE yoga. GENTLE.

Si Pro V Clinic ini lokasinya di Permata Hijau, di daerah perumahan gitu dan emang studionya juga bentuknya rumah gitu. Ada kolam renangnya, yang belakangan baru gue tau kalo bisa digunakan untuk kelas-kelas tertentu yang sifatnya eventual, seperti aquanatal yoga class.

First impression gue tentang yoga hamil (di Pro V, terutama) adalah emang beneran halus banget. Kelas dihandle bukan oleh sembarang instruktur yoga, tapi bidan yang mengkhususkan diri untuk belajar the science behind prenatal yoga. Jadi selain bisa yoga, mereka juga adalah seorang trained midwives, nothing to worry about. Gerakannya udah jelas aman untuk dilakukan sama ibu hamil, dan mereka juga mengawasi benar-salahnya gerakan setiap peserta selama kelas berlangsung.

Kelas diawali dengan ajakan untuk menyapa bayi dalam kandungan dan “mengajak”nya untuk ikut yoga sama kita. Di Pro V bener-bener ditekenin pentingnya ngajak si bayi berkomunikasi meskipun masih dalam kandungan. Ngerasa kaya orang bego ngomong sendiri sama perut? Ya emang. But science backs it up, berbagai buku parenting asal barat sana juga mendukung praktek ini selama kehamilan kok, jadi kita gak “bego” sendirian.

Di kelas yoga Pro V ini juga dijelasin mengenai bagaimana proses bayi dalam rahim selama kehamilan, posisinya gimana, kapan muternya, optimalnya gimana, perubahan fisiologi selama kehamilan, dan lain-lain. Intinya selain dapet yoga, di kelas Pro V juga bakal dapet ilmu teoritis yang buat awam, pasti eye-opening banget.

Prenatal Gentle Yoga Pro V Clinic

Lokasi: Permata Hijau

Harga: 150.000 / kelas atau paket 420.000 / 3 kelas dalam 2 bulan

Daftar: bisa via whatsapp lalu bayar in advance via transfer, kontak ada di halaman instagram Pro V Clinic

Acit approved!

Tambahan: Prenatal Couple Yoga

Sebagai informasi tambahan, gue sempet juga ikut prenatal couple yoga yang juga diadakan oleh bidan-bidan dari Pro V Clinic. Awalnya, gue berniat ikut seminar hypnobirth yang juga diadakan oleh Pro V di awal bulan November. Gue udah daftar tapi emang belum bayar karena masih ragu takut tiba-tiba hari H ada agenda yang bentrok atau hal-hal lainnya.

FYI dulu, seminar Hypnobirth Pro V Clinic biasanya diadakan di hotel atau rumah sakit, tergantung mereka dapet venue dimana kayaknya. Isi acaranya ada kelas seminarnya tentang hypnobirth, disambung couple yoga, dan kayaknya bakal dapet juga berbagai materi kelas dalam bentuk baik buku maupun softcopy. Harga kelasnya ada yang 1.4 juta ada yang 2 juta, diadakan biasanya di weekend, dari pagi sampe siang/sore.

Pada akhirnya, gue memutuskan ga jadi ikut seminar hypnobirth ini… lebih karena tau-tau mager aja gitu HE HE HE. Dan emang agak sedikit pricey kan..

Nah, untuk pada ibu hamil yang pernah/masih yoga di Pro V biasanya dimasukin ke grup whatsapp sama admin klinik dan para bidannya. Di grup itu, biasanya bidan-bidannya suka sharing tentang kehamilan, ngasih pdf-pdf atau gambar step-step yoga supaya kita bisa lakuin sendiri di rumah, juga ga segan untuk jawab dan nanggepin keluhan ibu-ibu hamil yang gabung di grup itu.

Suatu hari, gue iseng “mancing” di grup whatsapp itu. Gue bilang, kapan dong diadain kelas couple yoga yang terlepas dari seminar.. karena pengen ikut yoga couplenya aja. Eh ternyata, pancingan gue dicaplok ganas oleh ibu-ibu yang ada di grup itu, sampe akhirnya pihak Pro V menyanggupi dan akhirnya mengadakan kelas couple yoga berbarengan dengan seminar hypnobirth di tanggal dan venue yang sama.

Gue? Ya langsung daftar lah! Masa gue yang usul malah guenya yang ketinggalan. Malah, gue bayar dulu baru gue bilang Iki, pokoknya dia harus mau karena gue udah bayar! Hahaha. Dan ternyata emang ga percuma, karena kelasnya lumayan seru, dan membuka mata para bapak-bapak.

Hari H couple yoga, pesertanya lumayan rame. Kayaknya sih kuotanya penuh dan mereka cuma ngadain 1 hari dengan 2 sesi. Kelas dimulai dengan perkenalan dari para bidan yang hari itu akan menjadi instruktur, disambung dengan sedikit “kuliah” seputar kehamilan yang sepertinya emang lebih ditujukan untuk para bapak-bapak yang hari itu ikut. Kenapa gue bilang gitu? Karena informasi yang diberikan lebih menitikberatkan ke apa sih yang dialami ibu selama hamil (yang mana kita uda tau laaaa) dan apa yang bisa suami lakukan untuk membantu ibu, baik sebelum, selama, dan sesudah persalinan.

Kemudian seperti biasa, peserta diajak untuk menyapa bayi dalam kandungan (yee sekarang nyapanya bareng bapaknya juga sekalian, begonya jadi berdua hahaha) dan mengajaknya untuk yoga. Sisanya yaudah, belajar dan mempraktekan gerakan yoga yang aman dan membantu selama kehamilan. Gerakannya sih ga ada yang baru-baru banget, kalopun ada ya ga banyak. Kebanyakan udah kita pelajari di kelas yoga yang biasanya. Tapi di kelas couple yoga ini, lebih diajarin tentang gimana bapak bisa bantu ngecek postur dan gerakan yang dilakukan ibu udah bener atau belum, dan beberapa gerakan yang bisa atau lebih enak untuk dilakukan berdua.

Bermanfaat? BERMANFAAT!

Karena abis itu Iki jadi ngajak gue yoga hampir setiap malem, dia bener-bener percaya kalo “hmm kayaknya yoga ini beneran bisa ease my wife’s pain selama hamil”. Jadi gue yang tadinya juga males yoga sendiri di rumah, jadi semangat karena dia ngajakin (bukan nyuruh, untungnya. Beda ya ibu-ibu!) dan ngelakuinnya berdua.

Pas gue ikut yoga kmaren~

Prenatal Couple Yoga Pro V Clinic

Lokasi: venue pindah-pindah, kemaren gue di Diradja Hotel Tendean

Harga: 400.000 / couple

Daftar: langsung whatsapp ke admin Pro V, bayar in advance via transfer

Acit approved!

Okeh, tadinya kan gue mau bahas beberapa aktivitas dalam satu artikel sekaligus. Tapi karena ternyata baru bahas yoga aja udah panjang banget ini artikel layaknya surat harta warisan, gue sudahi dulu dan untuk senam hamil dan aktivitas lainnya akan gue tulis di artikel terpisah. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Olahraga Dikala Hamil: Yoga”

  1. Pingback: Olahraga Dikala Hamil: Senam dan Jalan Pagi – ASUTORIDDO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *