Banger Anime Opening/Ending 2021

Selama pandemi, gue menemukan diri gue kembali ngulik sehabat lama: kartun dan komik. Apalagi layanan on-demand entertainment udah semakin gampang didapatkan, providernya banyak.. plus penghasilan juga memadai buat langganan segala macem (alhamdulillah wkwk).

Salah satu yang tentunya sering gue lakuin lagi adalah nonton anime. Sekarang anime pada bagus-bagus yak (ya dulu juga sih), tapi opening dan endingnya gue sadari banyak banget yang keren gitu. Gak cuma lagu yang dipakai sebagai soundtracknya, tapi storylinenya juga udah kayak 1 episode sendiri berharganya gitu menurut gue.

Sampai-sampai, ada beberapa opening/ending anime yang saking bangernya buat gue, sering gue tonton ulang secara sembunyi-sembunyi (malu kalo ketauan Iki wakakak). Nah berikut ini adalah beberapa OP/ED anime yang belakangan gue gandrungi (in no particular order tentunya, gue kurang bakat bikin peringkat-peringkat gitu).

Psycho-Pass Opening 2

Song: Out Of Control – Nothing’s Carved In Stone

Opening ini adalah titik balik gue berteriak “GILAAAAA KEREN BANGET OPENING ANIME SEKARANG YAAA” dan kemudian jadi pay a SHITLOAD more attention to OPs and EDs. Selain lagunya BANGER BANGET, flow dan “storyline” (ya sebenernya kaga ada ceritanya kan ni opening) juga sangat menggambarkan kekerenan serial ini secara keseluruhan.

Penggunaan kontras warna item putih terus ditembak warna high-contrast kayak pink dan kuning menurut gue pas banget buat gambarin setting utopis anime ini dan mainin otak yang nonton sesuai genrenya yang emang psychological thriller.

Kenapa bukan opening 1? Meskipun juga bagus, tapi entah kenapa ga senyangkut opening 2 ini di hati gue.. mungkin terlalu dark buat aku yang dangdut ini?

Jujutsu Kaisen Opening

Song: Kaikai Kitan – Eve

Gue selalu bilang Jujutsu Kaisen adalah anime dengan plot seputar santet. Font dan animasi title di openingnya aja udah santet banget menurut gue hahahaha. Frame-frame awal sih standar ya, nunjukin ada karakternya satu-satu dengan setting yang mungkin ada beberapa terasa random, tapi beberapa terasa “wah ini emang karakternya banget”, salah satunya scene Gojo yang terasa all-high and mighty begitu.

Banyak orang merasa dibohongin sama Mappa, terutama gegara scene Itadori hengot sama Junpei wakakaka. Ya tapi itulah seninya opening, gak semua yang dikasih liat itu nyata adanya.

Terus opening ini semakin WAW karena karakter yang piknik bertambah sesuai dengan kemunculannya seiring berjalannya serial ini. Mantab MAPPA, meskipun banyak orang ngatain kamu tapi tanpa kamu dunia anime sepi.

Millionaire Detective: Balance:UNLIMITED Opening

Song: Navigator – SixTONES / Miura Jam

Bener-bener menjiwai plot utama serialnya, nonton openingnya pun langsung disambut oleh UANG sejak momen pertama. Memang mantap, aku juga mau punya rekening dengan unlimited balance seperti Daisuke Kambe. Banyak banget uang berjatuhan di opening ini seakan bener-bener mau meyakinkan calon penonton AYO DONG INI SERIAL BERGELIMANG UANG LOH hahaha.

Pake pula ada scene Kambe mandi uang di bathtub dan bakar uang sembari ngebul cerutu. Memang tidak diragukan kekayaan beliau ini.

Kalau diperhatikan, gaya opening anime ini referensinya ketauan banget mengambil dari Bond 007, ada transisi-transisi khas agen rahasia gitu. Ya memang plot animenya detektif berkocek tebal, sangat mirip dengan brandingnya James Bond yang juga agen rahasia jago berantem dengan uang banyak dan dikelilingi wanita seksi (meskipun wanita seksi di sekitar Kambe cuma 1 orang tapi langsung diberi kesempatan tampil polos hanya dengan pakaian dalam di openingnya).

Psycho-pass Ending 1

Song: Namae no nai Kaibutsu – EGOIST

Nah buat ending, buat gue yang paling banger dari sekian banyak ending Psycho-pass adalah ending pertama ini (yang mana sebenernya hampir semua OP ED nya Psycho-pass gue suka hiks). Dengan OG cast, ending ini bener-bener menitik-beratkan ke salah satu kekuatan utama serial ini: kemajuan teknologi sebagai fundamen penegakan hukum di masyarakat Jepang masa depan.

Dengan segala tetek bengek sirkuit, binary codes, pokoknya hal-hal berbau TeChnOLogY dah, ending ini bener-bener berusaha memuat semua fitur teknologi yang ada selama season 1, mulai dari hologram polisi imut, dominator, ampe terminal lengkap ama coding2nya. Sungguh hi-tech sekali auranya.

Jujutsu Kaisen Ending

Song: LOST IN PARADISE – ALI, AKLO

Ini gak banger sih sebenernya, lagunya chill.. Yang nyangkut banget di ending ini tu storylinenya dan style animasinya!! Duh gue bukan seseorang dengan background visual/animasi/desain apalah gitu ya, tapi ending Jujutsu Kaisen ini khas banget dengan gaya gambarnya yang ngewarnainnya setengah hati berantakan gitu. Tapi gaya ini cocok banget sama vibe endingnya secara keseluruhan.

Dibuka dengan Itadori yang joget-joget pake baju casual (yang tidak akan ditemukan selama anime ini berjalan kayanya, pake baju sekolah terus), dan disusul oleh Megumi yang dengan tampannya garuk-garuk kepala. Tak ketinggalan Gojo joget tipis kayak di club dan karakter lain dengan style visual yang sama ikut setelahnya. Ending ini refreshing banget karena ngasih liat karakter-karakter kecintaan warga dalam setting yang santai kaya remaja pada umumnya.

Saking asiknya jogetan para karakter di ending ini, sampe ada dancer yang bikin video khusus buat recreate step-step dancenya, googling aja “jujutsu kaisen dance cover” ntar nongol deh. Ending ini juga banyak direcreate warga dengan menggunakan karakter anime lain, misalnya Naruto atau Attack on Titan. Mantab deh pokonya.

Iya sekian dulu mentemen listnya, nanti kalo nemu yang oke punya lagi kukumpulin lagi. Thanks for reading!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *