Am I Aries Enough?

Gue bukan orang yang begitu percaya sama horoskop/astrologi/zodiak, gue malah mungkin lebih percaya sama primbon atau feng shui karena seringkali ada penjelasan rasionalnya. Tapi, gue dikelilingi oleh orang-orang yang percaya zodiak dan bahkan swears by it. Let’s give astrology a try and see if it really fits me.

Zodiak qu

Tentunya gue udah ngga usah jelasin lagi apa itu horoskop, astrologi, dan zodiak. Baca sendiri cari, jangan males karena males pangkal pinang.

Menurut astrology.com (gue nggak tau harus refer kemana, gue googling dan site ini ada paling atas HE HE), tanggal lahir gue membuat gue bernaung di bawah zodiac sign aries.

Biar artikel ini lebih MENDALAM lagi, gue cari lagi disini dan disini tentang traits yang (seharusnya) dimiliki oleh seorang aries. Ini katanya:

  • Elemen: api (what does this even mean)
  • Key traits: ambitious, independent, impatient
  • Strengths: courageous, determined, confident, enthusiastic, optimistic, honest, passionate
  • Weakness: impatient, moody, short-tempered, impulsive, agressive
  • Likes: comfortable clothes, taking on leadership roles, physical challenges, individual sports
  • Dislikes: inactivity, delays, work that do not use one’s talents

Mari kita bedah satu persatu. Gue bagi menjadi beberapa bagian:

  1. Traits, strengths, and weakness
  2. Likes & dislikes
  3. Family & friends
  4. Career & money

Traits, strengths, and weakness

Katanya, aries itu identik dengan ambisius, gak sabaran, pemberani, agresif, tegas, pokoknya traits yang galak-galak dan ala-ala pemimpin gitu deh. Gue gimana?

Gue galak, mostly tegas, gak sabaran , sumbu pendek, dan moody. So I guess I do have most of the traits yang dibilang identik sama aries. Gue juga cukup blatant dan obvious. Gue gak bisa sembunyiin kalo gue gak suka sama orang, begitu juga kalo gue suka sama orang. Seringkali orang menganggap gue rude karena bicara terlalu jujur dan to the point. But it works both ways, gue juga seringkali menjadi orang pertama yang mengeluarkan pujian untuk sesuatu yang gue anggap pantas tanpa ragu.

Untuk yang lainnya, kayaknya occasional sifatnya. Gue pemberani in certain things, gue gak takut untuk mencoba hal baru tapi gue gak pemberani when it comes to social interactions. Gue juga sangat memperhitungkan resiko segala sesuatu, dan selalu menimbang pilihan apa aja yang gue punya dan apa yang akan terjadi 2-3 step setelah masing-masing pilihan tersebut (meski gak selalu akurat). Ini juga berhubungan sama impulsivitas. Ada saatnya gue sangat-sangat impulsif, ada juga saat lain dimana ya tadi, gue serba memperhitungkan segala sesuatunya.

Kalo dibilang optimis, jawabannya tidak selalu. Some times gue optimis, terutama saat gua berada di suatu kondisi sulit bersama orang lain. Kalo gua bersama orang yang pesimis, gua biasanya otomatis balanced out the situation by being the optimistic one. Tapi hal ini gak selalu terjadi, ada kalanya gue menjadi seseorang yang realis bahkan pesimis, terutama saat hal tersebut menyangkut diri gue sendiri. Hal ini berhubungan ke traits lain yaitu confidence. Most of the time I don’t have this kind of trait. I just don’t.

Kesimpulan: maybe a rough 7 out of 10

Likes & dislikes

WHO DOESN’T LIKE COMFORTABLE CLOTHES?? Inilah kenapa horoskop sulit dipercaya, apalagi daily horoscope gitu. Comfortable clothes sih semua orang juga demen, walaupun mungkin ada beberapa orang yang lebih mementingkan tampil daripada nyaman. Tapi in the end, everybody loves to be comfortable at some point.

Untuk leadership role, kayanya ini salah satu yang cukup melekat juga di image aries, selalu dikait-kaitin sama kepemimpinan whatsoever. Well, ada saat-saat dimana gue suka jadi orang yang in-charge, tapi ada juga saat dimana gue lebih memilih untuk jadi pengikut dan cukup senang dengan memberi masukan.

I do love physical challenges though, sedangkan untuk individual sports buat gue 50:50 aja sih. Dulu waktu SMA gue adalah bagian dari tim futsal di sekolah gue, dan berlanjut sampai kuliah. Jadi kayaknya, I have no problems with team sports too.

I ADORE INACTIVITY, HE HE. Lebih ke karena gue mager aja sih.. Meskipun inactivity emang scientifically proven bisa bikin otak jadi blunt (selain tubuh jadi ga sehat) dan bisa bikin badmood juga, tapi gue cukup suka jadi pengangguran profesional. Meskipun dalam definisi dimana dalam inaktifitas gue, gue masih melakukan kegiatan-kegiatan yang berbau nyante, sofa, atau kasur seperti nonton netflix, nulis blog, atau makan.

I do hate delays, true. Gue gak suka gak ontime, apalagi kalo janjian terus harus nunggu. Gue merasa bersalah kalo telat, dan seringkali overthink what would people think of me kalo gue telat (padahal most of the time orang biasa aja, karena di Indonesia telat itu lumrah). Gue bisa jadi uring-uringan kalo rencana ga berjalan sesuai jadwal dan kalo ada orang yang santai-santai aja disaat telat.

Kesimpulan: I could give it 8 out of 10

Family & friends

“Social life of an Aries representative is always moving, warm, and filled with new encounters”, ini kata situs di atas tadi. Moving, warm, sure. New encounters? Perlu dipikir lagi. Gue susah berteman, tapi kalau sudah berteman dekat biasanya bertahan lama dan hampir seperti keluarga. Kalau dibilang toleran gak toleran sebenarnya bingung juga. Karena gue terbilang picky (bukan picky sebenernya tapi ya entah kenapa gue selalu berteman dekat dengan orang yang traitsnya kurang lebih itu-itu aja), jadi kebanyakan gue tidak perlu menoleransi apa-apa dari teman dekat gue.

Berbeda dengan orang yang baru gue kenal, kalo ada sesuatu dari mereka yang gue gak suka atau membuat gue tidak nyaman, lebih sering gue tinggal aja. Gue tau gue orang yang pemarah dan terlalu blunt, jadi daripada ada pihak yang sakit hati, lebih baik gue jujur ke diri gue sendiri (dan dia secara tidak langsung) kalo “sorry, we can’t be friends”.

“As children they can be hard to control, and if they don’t receive enough love and patience from their parents, all of their intimate bonds later in life could suffer”, ini katanya tentang aries dan keluarga. I can say that it’s kinda true and it happens at least to me.

I may not have the most perfect family, but all the restrictions I got in my early life bener-bener mempengaruhi dan menjadikan gue seperti adanya gue sekarang. Self-love is hard for me, let alone to love someone else. Don’t get me wrong, I love my family with all my heart, I know they were just doing what they think was best for me. Tapi moral of the story, generasi gue sebagai generasi orangtua yang baru sebaiknya benar-benar mempelajari gimana cara mendidik dan mengekspresikan rasa sayang ke anak yang baik.

Kesimpulan: straight 1 out of 2

Career & money

Katanya, this is the field where aries excels. I can confidently say this isn’t the case with me, HE HE. Karena trait leader yang katanya dimiliki aries, tempat kerja seharusnya menjadi tempatnya aries bersinar. Untuk gue pribadi: No. Nein. Ora.

Gue bisa mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan gue dengan baik, itu satu hal. Tapi apakah gue suka bekerja, terutama di kantor? Jawabannya kayaknya tidak.

Butuh beberapa kali resign alias pindah kantor dan menolak tawaran kerja buat gue menyadari satu hal:

Gue lebih cinta tidur siang daripada uang.

Bukannya gue gak bersyukur, beneran. Cuma masing-masing orang punya hal berbeda untuk disyukuri. Gue? Gue mensyukuri keadaan gue yang bisa pergi urus urusan birokrasi disaat suami gue ngantor tanpa harus ijin sana-sini atau cuti. Gue mensyukuri waktu-waktu dimana gue bisa nganterin keluarga gue yang sakit tanpa harus ijin atau cuti. Gue mensyukuri gue masih bisa tiba-tiba ikut suami gue dinas ke luar kota. Di atas itu semua, gue mensyukuri punya kesempatan untuk bisa kerja dari rumah, atau darimana aja. Sambil pake daster (lie, gue gapernah pake daster – pakenya kaos oblong sama celana futsal), sambil nonton netflix, bahkan sambil tidur-tiduran.

Di saat ada tawaran pekerjaan yang masuk ke gue dengan gaji yang lebih besar, gue tanpa ragu (sempat ragu sih, sedikit, tapi kayaknya sejak awal gue udah tau jawaban gue apa) menolaknya karena tawaran itu mengharuskan gue masuk kantor 3-5 hari dalam seminggu. I need my nap, bruh.

Disamping gue adalah seorang underachiever (salah satu byproduct banyaknya tuntutan dari keluarga dan lingkungan yang tidak sesuai dengan hati nurani gue), ya sumber kebahagiaan gue emang bukan dari situ aja kayaknya. Ketenangan gue kayaknya bukan berasal dari neraca keuangan yang positif jomplang mandi mandi uang, tapi cuma sesederhana hidup bebas lilitan hutang; hutang budi, hutang nyawa, hutang kerjaan, hutang uang, pokoknya hutang.

Kesimpulan: 0 out of 2

Penutup dan kata mutiara

Skor asal-asalan kecocokan aries dan gue adalah 16 dari 22. Lumayanlah gue, cukup aries mungkin.. Tapi toh ini skor yang gue bikin sendiri, bobotnya pun ngasal setengah mati. Yang mau disampein bukan harus percaya atau engga sama zodiak, tapi intinya sih bagaimana si horoskop ini bisa membantu seseorang lebih mengenali dirinya sendiri aja.

Gak semua bener, tapi banyak juga yang bisa dimanfaatin. Yang jelas, kalo daily horoscope mah banyakan ngibul. Ngibul buat cari duit atau memberikan kebahagiaan semu bagi spesies ngayal-ngayal babu kayak kita-kita ini. Kadang pas, kadang engga. Yang bagus buat motivasi, yang jelek biar hati-hati, oke! Anjay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *